Kamis, 12 Februari 2009

Makan Enak di Magelang



Persis di pinggir jalan raya Yogyakarta-Magelang, persisnya Km 12, Pabelan, ada rumah makan yang menyajikan menu khusus jamur. Namanya RM Abbii. Meski tergolong masih baru, aneka jamur cepat memikat penyuka makanan. "Baru tahun lalu buka, tapi pengunjung sudah ramai," kata Anni Handari (30), sang pemilik.

Berbagai menu jamur dijajakan di sana, antara lain tongseng jamur, jamur crispi, dan sebagainya. "Jamurnya macam-macam. Ada merang, kancing, kuping, dan yang lain. Kami namakan spesial jamur karena semua masakan yang berbau jamur ada di sini," kata Anni yang mengelola usaha bersama suaminya, Agus Ismail Sapto Widodo (31).

Kata Anni, Sabtu dan Minggu pasti ramai pembeli. "Tempat kami, kan, jalur wisata menuju Candi Borobudur. Sehari bisa habis 20 kg jamur."

Rumah Makan Abbii dibangun bersebelahan dengan toko oleh-oleh. "Nah, untuk memperkenalkan rumah makan ini, kami bekerja sama dengan beberapa teman dari biro wisata. Makanya, dalam waktu singkat cepat maju. Tiap minggu, selalu saja ada pesanan," kata Anni, seraya mengatakan omzet usahanya bila digabung dengan toko oleh-oleh bisa mencapai Rp 80 juta per bulan.

"Rumah makan kami, dari bulan ke bulan terus meningkat. Tanggapan masyarakat memang bagus sekali. Banyak yang komentar, rasa jamurnya seperti daging ayam."

Kerja sama dengan biro wisata memang sangat menjanjikan. Sering mereka dalam satu waktu menerima rombongan yang naik bus. Kalau sudah begitu, tiga juru masak pun masih kurang.

"Soalnya, untuk menu jamur, semua masakan mesti fresh. Dalam waktu dekat, kami akan lebih mengembangkan lagi. Kalau yang datang rombongan, tempatnya sudah tidak cukup lagi," kata Anni yang menjual masakannya rata-rata Rp 7.000 per porsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda