Jumat, 05 Desember 2008

Di Balik Bahasa Diam Si Bos



Bahasa tubuh seseorang bisa menggambarkan isi hatinya. Bila atasan tak banyak bicara, coba ungkap pesan yang ingin disampaikan lewat bahasa tubuhnya.

Melepas jam tangan
Bila saat presentasi, tiba-tiba atasan Anda melepas jam tangan dan meletakannya di tempat yang dapat terlihat oleh peserta rapat, ini berarti ia ingin menyampaikan pesan bahwa dirinya adalah orang yang sangat penting dan sibuk. Baginya, semua harus dimulai dan diakhiri tepat waktu.

Berdiri di balik podium
Ketika atasan berdiri di hadapan para karyawan, dan berbicara bahwa ia sangat menghargai kinerja para karyawannya, cobalah perhatikan sikap tubuhnya. Bila saat menyampaikan pesan atasan lebih memilih berbicara di balik podium, ini menunjukkan dia bukan orang yang terbuka dan defensif. Anda harus berhati-hati dalam menyampaikan kritikan kepadanya.

Menyilangkan lengan setelah bicara
Jika tangan atasan bergerak-gerak sebelum atau ketika ia berbicara, ini menandakan adanya keterbukaan dan keterusterangan. Namun, jika ia berbicara lebih dulu, setelah itu membuat gerakan-gerakan tertentu, seperti memasukkan tangan ke saku, atau menyilangkan kedua lengan di dada, ini menunjukkan ada sesuatu yang membuatnya ragu.

Menatap mata
Saat atasan menyampaikan sesuatu dengan menatap mata Anda, ini menunjukkan bahwa ia ingin Anda benar-benar memerhatikan apa yang ia sampaikan. Biasanya, ia akan melakukan gerakan ini untuk menyampaikan perubahan besar, peluang strategis, atau bahkan menyampaikan kabar buruk yang harus segera ditindaklanjuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda