Rabu, 26 November 2008

Indonesia Hanya Rebut Lima Emas 'ASEAN Skill Competition'

Indonesia merebut lima emas di "Asean Skill Competition (ASC)" ke-7 di Kuala Lumpur, 12-16 November, dari 19 jenis pertandingan, turun dibandingkan dua tahun lalu yang merebut tujuh emas dari 15 pertandingan.


"Kami mohon maaf tidak bisa memenuhi target mendapatkan lebih dari tujuh emas. Kami hanya memperoleh emas dari 19 jenis pertandingan," kata ketua tim delegasi Abdul Wahab Bangkona, di Kuala Lumpur, Rabu.


Dirjen Binalattas Masri Hasyar menyatakan kecewa atas penurunan prestasi itu, karena perlombaan itu menunjukkan kemampuan pekerja Indonesia.


Indonesia meraih lima emas dari jenis "ladies dress making" oleh I Nyoman Bayu, "bricklaying" diraih Edi Suwiknyo, "web design" oleh Krisna Rengga Buana, "graphic design" oleh Heri Kurniawan, dan "cabinet making" oleh Mohamat Abidin.

Peraih juara "web design", yang juga mahasiswa Bina Nusantara semester tujuh, Krisna mengatakan, "Saya senang dan bangga bisa menyumbangkan emas untuk Indonesia. Plong rasanya.

"Ketika ditanya apakah akan ambil tawaran bea siswa dari Departemen pendidikan atau magang ke Jepang selama tiga tahun, Krisna mengatakan, "Saya belum bisa memutuskan sekarang. Lihat saja nanti."

Para pemenang ASC ditawari bea siswa S2 oleh departemen pendidikan atau magang di Jepang oleh departemen tenaga kerja. Selain dapat emas, tim Indonesia ini juga meraih lima perak untuk industri elektronik, layanan restauran, CADD (computer aided drawing & design), memasak untuk dua orang."

Perolehan medali ini bukan berdasarkan yang paling bagus tapi berdasarkan kriteria jadi yang mendapatkan emas bisa dua atau tiga orang. Untuk 'cooking', Indonesia dapat dua perak sementara web design yang dapat emas Indonesia dan Thailand," kata Masri.

Indonesia juga meraih medali perunggu untuk pertandingan CADD, graphic design, software application, dan automobile technology.

ASC ke-7 diikuti 10 negara Asean. Malaysia meraih enam emas, Thailand enam emas, Vietnam dan Singapore masing-masing mendapat empat emas. ASC ke-8 pada tahun 2008 akan diadakan di Thailand.Tim ASC Indonesia dengan 38 pekerja kembali ke tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda